Kebakaran Hutan di Kawasan Gunung Lompobattang

34

Gowa klipnews.com Kebakaran lahan terjadi di jalur pendakian pos 1 kaki Gunung Bawakaraeng meluas hingga di kaki Gunung Lompobattang, Desa Rappolemba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa (22/10/2019) dini hari.

Dampak kebakaran lahan ini cukup mengkhawatirkan bagi warga yang bermukim di lereng Gunung Lompobattang karena kobaran api kian mendekati pemukiman mereka. Tim gabungan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gowa dan Damkar Kabupaten Jeneponto menerjunkan seluruh personilnya ke lokasi titik api. Namun mereka terkendala akses jalan menuju lokasi.

“sampai Pukul 04.00 subuh tadi masih mencari akses untuk menuju titik api bersama Damkar Jeneponto,” kata perwakilan pihak Damkar Gowa.

Seperti diketahui akes jalan menuju titik api sangat sulit dilalui kendaraan roda empat karena kondisi alam yang berbukit.

Sementara bagi sejumlah warga di kawasan hutan Gunung Lompobattang sejak Senin sore (21/10/2019) khususnya kaum ibu dan anak2 memilih mengungsi ke daerah yang lebih aman. Seperti yang dilakukan warga di Dusun Bontosunggu Desa Rapolemba.

“Sudah banyak warga dusun kami di Dusun Bontosunggu Desa Rappolemba mengungsi. Kebanyakan kami mengungsi ke dusun tetangga Dusun Bolopo’rong,” kata, Ahyu Ummu Kalsum Warga Desa Rappolemba.

Kebakaran lahan di kaki Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang sudah terjadi sejak senin siang kemarin hingga saat ini. Upaya pemadaman masih terus diupayakan oleh warga dibantu sejumlah pihak meski menggunakan peralatan seadanya.

loading...