Inspektorat Bone Gelar Pengawasan Daerah

51

Bupati Bone Bpk Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi,M.Si.membuka secara resmi Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 yang dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam evaluasi LAKIP.

Berlangsung di Hotel Novena Watampone, Senin 21 Oktober 2019 pertemuan ini mengangkat tema “Sinergitas Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH)dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat”

Inspektur Daerah Kabupaten Bone Drs.H.A.Islamuddin dalam laporannya, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Daerah Kabupaten Bone dalam mendorong optimalisasi peran aparat. Di mana kegiatan pengawasan internal pemerintah tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Adapun Tujuannya untuk meningkatkan kinerja pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta evaluasi terhadap hasil pengawasan yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dan perbaikan tata kelola pemerintahan di masa yang akan datang”

Menurutnya, saat ini memang diperlukan adanya sinergitas antara unsur pengawasan melalui aparat intern pemerintah dan aparat penegak hukum (APH) yang dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan agar bisa mengawal pembangunan dan pemerintahan. Khususnya terkait pengaduan masyarakat yang melaporkan adanya deteksi melakukan tindak pidana korupsi.

“Tugas APIP ini melaksanakan pengawasan intern di lingkungan pemerintah yang terdiri dari Inspektorat se-Sulsel, dan jika ada laporan indikasi korupsi maka diserahkan ke APH untuk melakukan pembinaan dan menyelidiki lebih lanjut”

Olehnya dirinya berharap, dengan dilakukannya gelar pengawasan daerah ini dapat meningkatkan sinergi pemerintah daerah, inspektorat dan aparat hukum agar dapat mengawal setiap kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sementara, Bupati Bone mengatakan, inspektorat memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengawasan, sehingga mengapresiasi kegiatan seperti ini sangat baik untuk meningkatkan kinerja pengawasan pemerintah daerah dan sebagai bahan evaluasi untuk lebih baik lagi dalam hal pengawasan.

Bupati Bone mejgatakan, salah satu tugas Inspektorat daerah yakni sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang berperan sebagai quality assurance yaitu menjamin suatu kegiatan berjalan secara efisien, dan efektif sesuai aturan.

“Sehingga kita berharap ini akan menjadi organisasi profesi terdepan dalam mendorong terwujudnya peran APIP dan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan kinerja pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Bone,” jelas Bupati Bone.

Di tempat yang sama, perwakilan Inspektorat Sulsel, mengungkapkan tujuan kegiatan ini yakni tersosialisasinya kebijakan pengawasan untuk tata kelola yag baik, akselasarasi tindak lanjut atas temuan pengawas pemerintah, mendorong sinergitas unsur pengawasan AAIP dan kepolisian serta kejaksaan.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengawal pemerintah daerah terkait pengaduan dan mengoptimalkan kinerja hasil pengawasan, meningkatan fungsi pengawasan dalam mewujudkan birokrasi anti korupsi, melakukan pertemuan dalam rangka bertukar pendapat dengan internal asosiasi dalam penyelenggaran fungsi, dan sinergitas aparat pengawas pemerintah dan aparat penegak hukum dalam mendukung pembangunan.

Dalam Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 tersebut diisi dengan diskusi yang menghadirkan narasumber Ibu Marina dari BPK RI Provinsi Sulsel, Arman Sahari dari BPKP Perwakilan Sulsel, Ir. H. Salim, A.R.,M.M. Plt. Inspektur Provinsi Sulsel, Andi Kurnia Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Watampone, dan Kapolres Bone.

Dalam giat ini dirangkaikan dengan pemberian penghargaan (reward) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam evaluasi LAKIP. Adapun OPD yang berhasil memperoleh penghargaan, yaitu Badan Pengelolaan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKAD), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM)

Kegiatan ini dihadiri Bupati Bone, Wakil Bupati Bone, Sekda Bone, Perwkilan BPK Sulawesi Selatan , Perwakilan BPKP Sulsel, APIP Inspektorat Daerah Kab.Bone, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala OPD, para Kabag, para Camat, sejumlah Lurah dan Kepala Desa, serta undangan lainnya.

loading...