Tingkatkan Pelayanan Wisatawan, Seratus Pemandu Wisata Ikuti Pelatihan

94

Bone, Klipnews.com Untuk meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan yang berkunjung Di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan , Dinas Pariwisata Kabupaten Bone menggelar pelatihan pemandu wisata.

Sebanyak seratus orang peserta pelatihan Dari berbagai unsur masyarakat mendapatkan pelatihan menjadi Pemandu Wisata Warisan Budaya dan sejarah selama tiga hari, dimulai hari Senin hingga Rabu, 14 sampai 16 Oktober 2019.

Kegiatan ini merupakan singkronisasi antar organisasi atau lembaga masyarakat serta para pelaku industri kepariwisataan, memberikan pencerahan tata cara pengelolaan objek wisata agar dimanfaatkan tanpa mengurangi bahkan menghilangkan nilai-nilai cagar budaya.

Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, A Muh Faizal SE MSi mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pencerahan agar dapat memanfaatkan potensi wisata, kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber kompeten yakni Budayawan Bone, A Youshan Latenritappu dan Sekretaris Balai Pelerstarain Cagar Budaya Sulsel, Drs Muh Nasir MPd.

“Hari ini peserta mendapatkan pemaparan materi selanjutnya hari kedua dan ketiga yaitu outdoor mengunjungi objek wisata sejarah di Bone sekaligus mempraktekkan cara memandu wisata,” kata Andi Muh Faisal.

Salah satu peserta Rachmatullah mengatkan sangat senang mengikuti pelatihan ini karena mendapatkan banyak ilmu cara memandu wisata dan memanfaatkan potensi wisata yang ada.

“Sangat berterimah kasih terhadap penyelenggara pelatihan karena dengan kegiatan ini memberikan kami pencerahan dalam memandu wisata dan cara memanfaatkan potensi wisata sejarah dan budaya khususnya di Kabupaten Bone yang sebenarnya memiliki banyak potensi wisata,”tutupnya.

Saat ini Dinas Pariwisata Kabupaten Bone tengah konsen membangun dan mengembangkan potensi Kepariwisataan Budaya, diantaranya Situs Goa Uhallie di Desa Langi Kecamatan Bontocani, Goa Mampu di Desa Cabbeng Kecamatan Dua Boccoe, Situs Goa Janci di Desa Mallari Kecamatan Awangpone, dan Beberapa Objek Wisata Warisan Budaya lainnya yang tersebar di 27 Kecamatan di Kabupaten Bone. Sebelumnya  Dinas Pariwisata Kabupaten Bone mengembangkan potensi wisata Kawasan Tanjung Pallette dan mampu mendatangkan PAD sebesar Rp 1 Milyar Rupiah pada tahun 2018 lalu, dengan mengembangkan berbagai potensi Wisata lainnya harapannya akan dapat meningkatkan PAD pada tahun-tahun berikutnya.

loading...