Sayonara Kedua Untuk Pak Jusuf Kalla

109

Sekretariat Wakil Presiden RI menggelar kegiatan silaturahmi akbar di Trans Studio Cibubur, Jakarta Timur untuk melepas Jusuf Kalla, Minggu 13 Oktober 2019

Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perpisahan para pejabat dan pegawai Sekretariat Wakil Prediden (Setwapres) RI dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Ibu Mufida Jusuf Kalla. Seperti diketahui, masa jabatan JK sebagai Wapres RI periode 2014-2019 akan berakhir pada 19 Oktober 2019.

Kepala Kantor Sekretariat Wakil Presiden RI Muhammad Oemar mengatakan dirinya merasa beruntung bisa bertugas dan bekerja menemani JK selama 5 tahun terakhir.

“Kami merasa kewajiban ini justru menjadi kesempatan emas untuk menimba pengetahuan dan pengalaman. Sosok JK bukan hanya memiliki ketokohan yang melegenda di Indonesia, tetapi di dunia,” tuturnya saat memberi kata sambutan di Trans Studio Cibubur, Minggu 13 Oktober 2019.

Selain Setwapres, sejumlah instansi juga menggelar acara pelepasan. Salah satunya adalah TNI Angkatan Udara yang melepas JK dengan acara tersendiri.

Terkait acara perpisahan dengan jajaran Setwapres, Oemar menuturkan kiprah JK menjadi Wapres RI selama dua periode, yaitu 2004-2009 dan 2014-2019 bukan lah hal yang sering terjadi.

Menurutnya, JK sering kali meluncurkan inisiatif yang orisinil selama menjabat sebagai Wapres Republik Indonesia.

Sumbang pemikiran JK, lanjutnya, berlaku untuk semua bidang, misalnya ekonomi, sosial, pendidikan, keumatan, hingga diplomasi internasional.

“Pak JK ini bukan profesor akademik. Namun, pengalaman kami sehari-hari justru ide beliau membuat Phd [profesor] mengangguk-angguk dan angkat jempol,” imbuhnya.

Oemar juga mengungkapkan Wapres JK juga memiliki sikap negarawan yang teladan, khususnya saat memberi solusi saat negara berada dalam situasi krisis.

Dia mengatakan latar belakang JK sebagai pengusaha di bidang otomotif benar-benar diterapkan ketika menjabat sebagai orang nomor dua se Indonesia. Salah satunya penerapan konsep purna jual (after sales).

“Pak JK selalu bilang kita berkenalan baru start. Yang lebih penting bagi pedagang mobil itu after sales service. Hubungan 20 tahun setelahnya harus mampu bertahan,” ucapnya.

Selain JK dan Mufida, hadir Pemilik Trans Corp Chairul Tanjung, serta deputi dan staf khusus Setwapres RI, antara lain mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, Wijayanto Samirin, dan Husein Abdullah.

loading...