Dengan Dana Pribadi, Jusuf Kalla akan Renovasi Masjid Raya Watampone

1692

Bantuan dana segar sebesar 10 Milyar yang pernah dijanjikan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk rehabilitasi Masjid Raya Watampone rupanya bakal berubah.

Hasil pembicaraan antara tim JK dengan pihak Pemkab Bone akhirnya disepakati pengerjaan rehabilitasi selanjutnya akan dilakukan oleh Pak Jusuf Kalla selaku donatur.

” Jadi bukan uang tunai yang diberikan, tapi Beliau (JK) yang akan bangun sendiri sampai selesai dan itu bukan uang negara, tapi uang pribadi “, ungkap Andi Surya Darma, Sekda Bone, Minggu 6 Oktober 2019.

Bahkan lanjutnya, Bapak JK akan merubah perencanaan bangunan dari desain sebelumnya, karena dinilai terlalu boros dan tidak efektif dalam fungsinya sebagai Masjid.

” Pak JK bilang, terlalu banyak tiangnya sehingga bisa menghalangi jamaah, makanya mau dirubah desainnya ” katanya.

Hanya saja, Andi Surya Darma belum bisa memastikan waktu pelaksanaan dari pembangunan tersebut, karena menurutnya masih ada pertemuan lanjutan dengan tim JK.

” Kita akan bicarakan kembali dengan tim JK, mungkin setelah itu baru bisa diketahui jadwal pelaksanaannya ” ungkapnya.

Untuk diketahui, Masjid Raya Watampone dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone Ke-32 La Mappanyukki. Masjid tersebut mulai dibangun sejak tahun 1941 dan rampung pembangunannya tahun 1944. Jadi masjid tersebut salah satu situs religi kebanggaan masyarakat Bone.

Arsitektur masjid ini bercirikan tradisional dengan atap susun tiga yang tebuat dari seng. Masjid ini tidak mempunyai kubah. Di samping sebagai tempat beribadah Masjid ini juga digunakan sebagai pusat studi dan musyawarah oleh masyarakat Bone.

loading...